Unsur-Unsur Komunikasi

UNSUR – UNSUR KOMUNIKASI PERKANTORAN
 
1.  KOMUNIKATOR
 
Komunikator disebut juga sumber komunikasi yaitu pembuat pesan sekaligus pengirim pesan.
 
2.  PESAN
 
Pesan adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima.
 
 
 
 
3.  MEDIA
 
Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk mengirim pesan dari komunikator kepada komunikan.
Media komunikasi dibedakan menjadi empat yaitu :
a.  Media antar pribadi
b.  Media kelompok
c.  Media publik
d.  Media massa
 
4.  KOMUNIKAN
 
Komunikan adalah pihak yang menerima pesan dari komunikator
 
5. PENGARUH / EFEK
 
Pengaruh atau efek adlah perbedaan antara apa yang dipikirkan , dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
 
6. FEEDBACK
 
Feedback adalah tanggapan komunikan apa yang disampaikan oleh komunikator.
Jenis feedback :
a. Zero feedback
b. Possitive feedback
c. Neutral feedback
d. Negative feedback
 
7.  NOISE
 
Noise adalah gangguan tak terencana yang terjadi dalam proses komunikasi.
 
8. LINGKUNGAN

Faktor ini dapat digolongkan atas empat macam, yakni :
a.  Lingkungan fisik
Lingkungan fisik menunjukkan bahwa suatu proses komunikasi hanya bisa terjadi kalau tidak       terdapat rintangan fisik. Misalnya geografis. Komunikasi seringkali sulit dilakukan karena faktor   jarak yang begitu jauh, di mana tidak tersedia fasilitas komunikasi seperti telepon, kantor pos atau jalan raya.

b. Lingkungan sosial budaya
Lingkungan sosial menunjukkan faktor sosial budaya, ekonomi, dan politik yang bisa menjadi kendala terjadinya komunikasi, misalnya kesamaan bahasa, kepercayaan, adat istiadat, dan status sosial.

c. Lingkungan psikologis
Lingkungan psikologis adalah pertimbangan kejiwaan yang digunakan dalam berkomunikasi. Misalnya menghindari kritik yang menyinggung perasaan orang lain, menyajikan materi yang sesuai dengan usia khalayak. Dimensi psikologi ini bis disebut dimensi internal.

d.Dimensi waktu
Dimensi waktu menunjukkan situasi yang tepat untuk melakukan kegiatan komunikasi. Banyak proses komunikai tertunda karena pertimbangan waktu, misalnya musim. Namun perlu diketahui karena dimensi waktu maka informasi memiliki nilai. 

No comments:

Post a Comment