UNSUR – UNSUR
KOMUNIKASI PERKANTORAN
1. KOMUNIKATOR
Komunikator disebut juga sumber komunikasi yaitu pembuat
pesan sekaligus pengirim pesan.
2. PESAN
Pesan adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada
penerima.
3. MEDIA
Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk mengirim
pesan dari komunikator kepada komunikan.
Media komunikasi dibedakan menjadi empat yaitu :
a. Media antar
pribadi
b. Media kelompok
c. Media publik
d. Media massa
4. KOMUNIKAN
Komunikan adalah pihak yang menerima pesan dari komunikator
5. PENGARUH /
EFEK
Pengaruh atau efek adlah perbedaan antara apa yang
dipikirkan , dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah
menerima pesan.
6. FEEDBACK
Feedback adalah tanggapan komunikan apa yang disampaikan
oleh komunikator.
Jenis feedback :
a. Zero feedback
b. Possitive
feedback
c. Neutral
feedback
d. Negative
feedback
7. NOISE
Noise adalah gangguan tak terencana yang terjadi dalam
proses komunikasi.
8. LINGKUNGAN
Faktor ini dapat digolongkan atas empat macam, yakni :
a. Lingkungan fisik
Lingkungan fisik menunjukkan bahwa suatu proses komunikasi hanya bisa
terjadi kalau tidak terdapat rintangan fisik. Misalnya geografis.
Komunikasi seringkali sulit dilakukan karena faktor jarak yang begitu
jauh, di mana tidak tersedia fasilitas komunikasi seperti telepon,
kantor pos atau jalan raya.
b. Lingkungan sosial budaya
Lingkungan sosial menunjukkan faktor sosial budaya, ekonomi, dan politik yang bisa menjadi kendala terjadinya komunikasi, misalnya kesamaan bahasa, kepercayaan, adat istiadat, dan status sosial.
c. Lingkungan psikologis
Lingkungan psikologis adalah pertimbangan kejiwaan yang digunakan dalam berkomunikasi. Misalnya menghindari kritik yang menyinggung perasaan orang lain, menyajikan materi yang sesuai dengan usia khalayak. Dimensi psikologi ini bis disebut dimensi internal.
d.Dimensi waktu
Dimensi waktu menunjukkan situasi yang tepat untuk melakukan kegiatan komunikasi. Banyak proses komunikai tertunda karena pertimbangan waktu, misalnya musim. Namun perlu diketahui karena dimensi waktu maka informasi memiliki nilai.

No comments:
Post a Comment